Cara Budi Daya Bunga Edelweis : Tips Mudah Cepat Bisa

Cara Budi Daya Bunga Edelweis : Tips Mudah Cepat Bisa

Bunga Edelweis memiliki daya tarik menawan bagi siapapun yang melihatnya.  Bunga sebagai simbol keabadian ini memiliki warna putih yang khas. Pertumbuhan bunga edelweis menjadi subur di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia sendiri, bunga edelweis masih terbilang sulit untuk ditemukan. Maka dari itu, beberapa orang memutuskan untuk membudidayakan bunga ini di rumahnya. Selain untuk memperindah rumah, banyak orang yang menjadikan bunga edelweis sebagai hadiah personal. Meskipun membutuhkan ketelatenan yang tinggi, ada beberapa cara budi daya bunga edelweis yang mudah bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksi bunga cantik ini. Berikut informasi cara budi daya bunga edelweis beserta tips agar cepat bisa.. 

Cara Budi Daya Bunga Edelweis 

Cara budi daya bunga edelweis membutuhkan ketelatenan dan keseriusan dalam memulainya. Biasanya, budi daya bunga ini hanya dilakukan di daerah pegunungan. Hal ini disebabkan karena bunga edelweis dapat tumbuh subur di daerah tersebut. Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan, tidak ada salahnya untuk mencoba budi daya bunga dengan pesona yang cantik ini. Simbol keabadian bunga edelweis juga dapat menjadi pesan untuk belasungkawa. Berikut beberapa cara budi daya bunga edelweis yang dapat Anda lakukan.

Mempersiapkan Biji dari Bunga Tua

Langkah awal harus Anda lakukan adalah menyiapkan bunga edelweis tua. Pastikan bunga dalam keadaan sehat tanpa tanda-tanda kerusakan. Bunga edelweis yang rusak dapat mempengaruhi kualitas bijinya. Ketika sudah mendapatkan bunga tua yang sehat, lakukanlah pengeringan pada bunga agar Anda dapat memisahkan biji dengan mudah. Tempatkan bunga pada tempat yang terbuka dan berangin agar kering dengan sempurna. 

Baca Juga: 6 Bunga Lambang Ketulusan yang Memberikan Kasih Sayang Penuh

Baca Juga: Berkebun di Pekarangan Rumah Tanaman dan Bunga Rekomendasi

Memisahkan Biji dari Bunganya

Setelah bunga tua sudah mengering, Anda dapat beranjak untuk memisahkan biji dari bunga tersebut. Lakukanlah dengan hati-hati agar tidak dengan menggunakan sikat halus dan kain yang bersih. Pastikan seluruh permukaan biji terpisah dari sisa bunga dan kotoran yang menempel. Perawatan ini menjaga kualitas biji bunga tetap dalam keadaan yang baik. Kumpulkanlah biji-biji tersebut dalam satu wadah dan tutup dengan rapat agar biji tetap dalam kondisi kering.

Menyiapkan Media Tanaman yang akan Digunakan 

Media tanaman dari bunga edelweis memiliki sifat khusus yang membedakannya dengan bunga yang lain. Siapkanlah polybag sebagai tempat media tanam yang cukup untuk agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Biasanya, bunga edelweis akan tumbuh subur pada media dengan kelembaban yang baik dan pH yang sedikit asam. Beberapa media tanaman yang dapat Anda pilih yaitu tanah berhumus, pasir halus, dan campuran tanah berpasir. Anda juga dapat memberi pupuk tambahan sesuai dengan kebutuhan bunga edelweis.

Semai Biji Bunga Edelweis

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian biji bunga edelweis. Taburkan biji bunga edelweis secara merata ke media tanaman yang telah Anda siapkan. Biji bunga edelweis membutuhkan banyak cahaya matahari sehingga penyemaian cukup dilakukan pada permukaan tanah saja. Hal ini akan menbuat biji berubah menjadi kecambah dengan cepat. Untuk memastikan kelembaban media tanam terjaga, Anda perlu melakukan penyiraman secara teratur dan hati-hati pada setiap biji hunga edelweis tersebut.

Menyapih Semai Biji Kecambah

Cara budi daya bunga edelweis ini bertujuan untuk memastikan bunga edelweis dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Setelah penyemaian selesai dilakukan, Anda harus terus memantau perkembangan dari biji bunga edelweis. Umumnya biji bunga edelweis akan berkecambah setelah tiga hari dari proses penyemaian. Lakukanlah penyapihan saat bibit bunga memiliki lima lembar daun yang besar. Pastikan akar dari bibit bunga edelweis tidak rusak saat proses penyapihan. 

Tips Budidaya Bunga Edelweis dengan Praktis dan Mudah 

Cara budi daya bunga edelweis dapat Anda lakukan dengan mudah jika Anda dapat konsisten dan telaten. Pastikan Anda mengikuti cara-cara tersebut dengan baik dan benar agar manfaat dari bunga dapat Anda dapatkan. Untuk memastikan bunga edelweis dapat tumbuh dengan subur, ada tips-tips yang dapat Anda lakukan. Tips-tips ini dapat membantu untuk menghasilkan bunga edelweis yang indah. 

Gunakan remahan batu kapur untuk menaikkan tingkat pH tanah

Cara budi daya bunga edelweis membutuhkan tanah dengan tingkat pH atau kelembaban yang tinggi. Untuk meningkatkan pH tanah, Anda dapat menggunakan remahan batu kapur yang mengandung kalsium karbonat. Sesuaikan jumlah batu kapur dengan kondisi tanah sebagai media tanam. Jangan sampai tingkat pH terlalu tinggi karena akan memperburuk pertumbuhan tanaman.

Perhatikan komposisi tanah, campuran kompos, pasir, dan lumut gambut

Media tanam yang Anda pakai untuk cara budi daya bunga edelweis harus mendapatkan perhatian yang lebih. Anda dapat menggunakan media tanam dengan komposisi campuran kompos, pasir, dan lumut gambut. Komposisi tanah ini memiliki tingkat kelembaban dan nutrisi yang cukup sebagai media tanaman bunga edelweis. Sesuaikan komposisi tanah dengan kondisi lingkungan di sekitar tempat bunga edelweis itu akan tumbuh.

Baca Juga: Kenali Bunga Tanda Terima Kasih yang Bisa Jadi Ide Kado Hadiah

Pastikan suhu tetap rendah ketika dalam proses pertumbuhan

Tanaman bunga edelweis akan mudah untuk melakukan proses fotosintesis dan penyerapan nutrisi dari tanah saat suhu rendah. Suhu yang rendah sangat membantu agar bunga dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penguapan air secara cepat yang berdampak pada matinya tanaman bunga edelweis.

Saat sudah cukup besar, pindahkan tanaman ke lokasi yang terkena sinar matahari

Ketika bibit bunga edelweis telah memiliki akar yang kuat dan cukup daun, Anda dapat memindahkannya ke lokasi yang terkena sinar matahari. Pada saat itu, tanaman bunga edelweis mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Cara budi daya bunga edelweis ini juga harus memperhatikan kondisi tanah pada lokasi tersebut, pastikan tanah memiliki kelembaban dan nutrisi yang diperlukan untuk bunga edelweis bertumbuh.

Leave a Reply