Cara Merangkai Bunga Hidup untuk Dekorasi Wisuda atau Kado

Cara Merangkai Bunga Hidup untuk Dekorasi Wisuda atau Kado 

Cara merangkai bunga hidup haruslah memiliki keterampilan yang khusus. Bunga hidup ini dapat menjadi alternatif dekorasi wisuda atau kado untuk orang lain. Rangkaian ini dapat terdiri dari satu jenis atau beberapa jenis bunga dengan tambahan bahan lainnya. Segala usaha seseorang untuk menghasilkan rangkaian bunga tersebut akan membuat penerimanya tersentuh dan lebih dihargai. Meskipun harganya tidak mahal, tetapi kreativitas yang tertuang membuat rangkaian bunga tersebut tak ternilai harganya. Jika Anda belum memiliki keterampilan khusus, berikut informasi mengenai cara merangkai bunga hidup untuk dekorasi wisuda atau kado. 

Cara Merangkai Bunga 

Cara merangkai bunga memerlukan kreativitas dan ketelitian dalam proses pembuatannya. Selain itu, rangkaian bunga tidak bisa jadi dalam sekali coba. Butuh beberapa percobaan untuk menghasilkan rangkaian bunga yang sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa cara merangkai bunga yang mudah.

Pilih bunga hidup yang segar dan sesuai yang diinginkan 

Memilih bunga hidup yang segar merupakan langkah pertama yang tidak boleh terlewatkan. Bunga segar dipilih agar rangkaian bunga memiliki bentuk yang indah. Jika perlu, pilihlah bunga dengan daya tahan yang lama seperti mawar, krisan, atau lily. Langkah pemilu bunga akan menentukan bagaimana bentuk dari rangkaian bunga tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Bunga dari Sedotan untuk Hiasan Kado: Cara Membuat

Gunakan oasis floral foam untuk penyokong 

Oasis floral foam merupakan spons dengan rancangan khusus untuk mempertahankan kesegaran sebuah bunga. Air dari bunga hidup akan menyerap dalam spons tersebut. Selain itu, oasis floral foam berguna sebagai penyokong rangkaian bunga agar dapat berdiri kokoh. Berbagai bentuk dan ukuran oasis floral foam dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pilih pot bunga atau wadah yang sesuai dengan preferensi ukuran dan gaya

Setelah menggunakan oasis floral foam, rangkaian bunga dapat ditempatkan pada wadah atau pot bunga. Pilihlah wadah atau pot bunga sesuai dengan ukuran dan gaya dari rangkaian bunga tersebut. Beberapa pilihan di antaranya adalah keranjang, pot tanah, vase, dan gelas. Selain itu, terdapat beberapa gaya rangkaian bunga hidup seperti klasik, modern, rustik, bohemian, dan tropis. Pastikan jenis bunga sesuai dengan gaya dan pot bunga tersebut.  

Tambahkan tanaman gantung atau daun hiasan

Dekorasi wisuda akan tambah lengkap dengan adanya tanaman gantung atau daun hiasan. Dua aspek tersebut akan menambah keindahan dan suasana meriah saat menyambut kelulusan seseorang. Anda bisa menambahkan tanaman gantung atau daun hiasan  sesuai dengan preferensi masing-masing. Penting untuk memperhatikan aspek keselamatan saat menambahkan tanaman gantung. 

Langkah-langkah Cara Merangkai Bunga Hidup

Merangkai bunga hidup memang membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi. Bagi Anda yang baru pertama kali terjun dalam bidang ini, terdapat beberapa langkah mudahnya. Berikut langkah-langkah cara merangkai bunga hidup. Jika gagal pada percobaan pertama, lakukan kembali langkah-langkah tersebut dari awal. 

Baca Juga: Buket Bunga Kering Recommended: Alternatif Pilihan dan Cara Membuat

1. Persiapkan Oasis Floral Foam

Oasis floral foam berfungsi sebagai penyokong rangkaian bunga hidup. Persiapkan oasis floral foam terlebih dahulu sebelum memulai cara merangkai bunga. Bentuk dan ukuran oasis floral foam dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan pisau untuk memotong dalam keadaan tajam dan bersih atau tidak berkarat. Selanjutnya rendam oasis floral foam dalam air bersih selama bermenit-menit, tetapi jangan sampai terlalu basah. 

2. Letakkan Oasis di Wadah

Setelah oasis floral foam terendam dengan baik, langkah selanjutnya adalah meletakkannya pada wadah atau pot bunga yang sesuai. Pori-pori oasis floral foam harus menghadap ke atas agar dapat menyerap air dengan baik. Selain itu, pastikan oasis floral foam tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat di dalam wadah. Peletakkan ini harus dilakukan dengan rapi agar tidak mengganggu estetika dari bunga hidup.  

3. Pangkas Bunga

Untuk penyerapan air bekerja secara maksimal, perlu untuk melakukan pemangkasan pada bunga hidup. Gunakan pisau atau gunting yang tajam dan bersih untuk memotong batang bunga sekitar 45°. Langkah ini berguna untuk mempertahankan kesegaran dari bunga hidup. Buang juga beberapa bagian yang tidak penting atau mengganggu, baik dari estetika atau fungsi dari bagian tersebut. Setelah melakukan pemotongan, segeralah letakkan bunga pada tempat yang berair untuk mencegah udara masuk ke dalam batang. 

4. Susun Bunga dengan Estetika

Cara merangkai bunga hidup yang terakhir adalah menyusun bunga dalam wadah yang sudah berisi oasis floral foam. Penyusunan bunga dengan estetika merupakan proses yang sulit karena melihatkan kreativitas dan perpaduan dari bunga yang dipilih. Setiap bunga memiliki proporsi, variasi, kontras, dan keseimbangan yang berbeda-beda. Selain itu, pilihlah jenis-jenis bunga yang selaras mulai dari tekstur, warna, dan aroma agar tidak berantakan. Pastikan juga komposisi bunga yang digunakan terlihat seimbang. Hal itu harus dilakukan dengan hati-hati agar tercipta sebuah rangkaian bunga yang indah dipandang. 

Leave a Reply