Terapi holistik yang memberikan manfaat yang beragam untuk tubuh dan mental

Terapi Holistik untuk Meredakan Stress : Pengertian & Contoh

Stress adalah kondisi yang dialami oleh banyak orang di zaman modern ini. Stress dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan, masalah keluarga, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain. Untuk mengatasi stress, banyak orang mencari cara-cara yang dapat membuat mereka merasa lebih rileks, tenang, dan bahagia. Salah satu caranya adalah dengan melakukan terapi holistik. Apa itu terapi holistik? Bagaimana contoh-contoh terapi holistik yang dapat meredakan stress? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Terapi Holistik

Terapi holistik adalah sebuah pendekatan pengobatan yang tidak hanya berfokus pada gejala atau penyakit yang dialami oleh seseorang, tetapi juga pada keseluruhan aspek kehidupan seseorang, seperti fisik, mental, emosional, sosial, dan spiritual. Perawatan ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan dan harmoni antara tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan seseorang.

Terapi holistik berbeda dengan pengobatan konvensional yang cenderung mengobati penyakit secara terpisah dari penyebabnya. Terapi holistik menganggap bahwa penyakit adalah akibat dari ketidakseimbangan atau ketidakharmonisan antara tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang. Oleh karena itu, terapi holistik mencoba untuk menemukan dan mengatasi akar masalah yang menyebabkan penyakit, serta memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi individu.

Terapi holistik dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan obat-obatan alami, terapi energi, terapi fisik, terapi psikologis, terapi spiritual, dan lain-lain. Anda dapat melakukan perawatan ini secara mandiri atau bersama-sama dengan pengobatan konvensional, tergantung pada preferensi dan kebutuhan seseorang. Terapi holistik dapat memberikan manfaat yang beragam, seperti mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi imun, menurunkan tekanan darah, mengurangi inflamasi, meningkatkan mood, mengurangi stress, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Contoh Terapi Holistik untuk Meredakan Stress

Ada banyak contoh terapi holistik yang dapat dilakukan untuk meredakan stress. Berikut adalah beberapa di antaranya

Yoga

Yoga adalah sebuah praktik kuno yang berasal dari India, yang menggabungkan gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Praktik yoga ini dapat membantu meredakan stress dengan cara meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh, mengatur aliran oksigen dan darah, menenangkan pikiran, dan meningkatkan kesadaran diri. Selain itu juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan stress, seperti sakit kepala, insomnia, nyeri punggung, dan gangguan pencernaan.

Meditasi Mindfulness

Meditasi mindfulness adalah sebuah teknik meditasi yang mengajarkan seseorang untuk memusatkan perhatian pada saat ini, tanpa menghakimi atau bereaksi terhadap apa yang terjadi. Manfaat dari meditasi ini dapat meredakan stress dengan cara mengurangi aktivitas sistem saraf simpatis. Meditasi mindfulness juga dapat membantu meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab atas respons “rest and d i g e s t” yang menyebabkan penurunan detak jantung, tekanan darah, dan hormon kortisol. Meditasi mindfulness juga dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan rasa takut, serta meningkatkan konsentrasi, memori, dan kreativitas.

Baca Juga: 5 Tahapan Berduka pada Manusia : 5 Stages of Grief (floristjakarta.com)

Refleksi atau Terapi Refleksi

Refleksi atau terapi refleksi adalah sebuah terapi yang menggunakan pijatan atau tekanan pada titik-titik tertentu di telapak kaki, tangan, atau telinga, yang berhubungan dengan organ-organ atau sistem-sistem tubuh lainnya. Manfaat dari refleksi yaitu dapat membantu meredakan stress dengan cara merangsang aliran darah dan energi, menghilangkan racun, dan merelaksasi otot-otot.

Terapi Seni

Terapi seni adalah sebuah terapi yang menggunakan media seni, seperti lukisan, gambar, musik, menulis, atau bermain peran, sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan, pikiran, dan pengalaman seseorang. Manfaat terapi seni ini dapat membantu meredakan stress dengan cara meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Terapi seni juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial, komunikasi, dan kreativitas seseorang.

Akupunktur

Akupunktur adalah sebuah terapi yang berasal dari China, yang menggunakan jarum-jarum tipis yang ditusukkan pada titik-titik tertentu di permukaan kulit. Terapi ini dapat membantu meredakan stress dengan cara menstimulasi pelepasan endorfin, yang dapat menimbulkan rasa nyaman, bahagia, dan rileks. Selain itu juga dapat membantu mengatur aliran darah dan energi, mengurangi inflamasi, menyeimbangkan hormon, dan merelaksasi otot-otot. Akupunktur juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan stress, seperti sakit kepala, insomnia, nyeri punggung, dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Pentingnya Keseimbangan Hidup antara Fisik dan Spiritual  (floristjakarta.com)

Terapi holistik merupakan pengobatan yang tidak hanya berfokus pada penyakit seseorang, tetapi juga pada kesehatan mental seseorang. Terapi holistik dapat memberikan manfaat yang beragam, seperti meningkatkan fungsi imun, meningkatkan mood, hingga mengurangi stress.

Leave a Reply