Adab Menghibur Orang Berduka dalam Ajaran Islam yang Wajib Dipahami

Adab Menghibur Orang Berduka dalam Ajaran Islam yang Wajib Dipahami

Duka cita merupakan momen kehilangan yang paling membuat sedih. Kabar ini dapat terjadi tanpa mengenal waktu dan tempat serta menyisakan duka yang mendalam. Menghibur orang berduka merupakan sebuah keharusan yang dilakukan orang-orang sekitarnya. Tanpa penghiburan, orang berduka akan merasa hidupnya sudah tidak berguna lagi. Berikanlah dukungan dengan tulus agar mereka memiliki semangat untuk melanjutkan hidupnya.Tekankan bahwa meskipun orang tersebut meninggal, kenangan akan dirinya dapat terus dikenang dalam ingatan. Namun, menghibur orang berduka tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada adab menghibur orang berduka yang tidak tertulis dan harus Anda patuhi agar tidak menyinggung. Jangan sampai kedatangan kita malah memperburuk suasana hatinya. Berikut informasi selengkapnya. 

Adab Menghibur Orang Berduka dalam Ajaran Islam

Jika ada orang di sekitar Anda yang baru kehilangan orang kesayangannya, jangan biarkan mereka sendirian. Rasa kesepian akan membuatnya semakin teringat akan kenangan dari orang tersebut. Pada suatu titik orang itu akan merasa untuk apa terus melanjutkan hidup. Disinilah pentingnya untuk memberikan penghiburan pada orang berduka. Segala bentuk dukungan yang diberikan akan sangat berarti bagi dirinya. Mereka akan sadar bahwa masih ada orang yang mempedulikannya dengan tulus. Hari-hari yang sulit karena kehilangan akan mampu dihadapi dengan bantuan orang-orang di sekitarnya. Sekecil apapun bentuk penghiburan yang diberikan akan membantu ptoses pemulihan dari perasaan berduka. Berikut beberapa adab menghibur orang berduka dalam ajaran Islam. 

Kunjungi dan Berikan Dukungan

Hal pertama dari adab menghibur orang berduka adalah mengunjungi mereka secara langsung. Kehadiran fisik akan membuat dukungan dapat tersampaikan dengan baik. Carilah waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya, jangan sampai kehadiran Anda mengganggu waktu istirahat mereka. Bila perlu, hubungi terlebih dahulu untuk menyesuaikan jadwal yang paling tepat. Namun, jangan memaksa ketika mereka tidak sedang menerima kunjungan. Berilah waktu untuk mereka merasakan perasaan sedih dan kehilangannya. Ketika dapat mengunjungi orang berduka, sampaikanlah dukungan dengan tulus melalui kata-kata atau sentuhan fisik yang membuat mereka nyaman. Langkah ini menjadi penghiburan yang sangat berarti untuk mereka melanjutkan hidup. 

Baca Juga: Ucapan Turut Berduka Cita yang Tepat untuk Kerabat, Teman, Keluarga

Tunjukkan Rasa Empati dan Belasungkawa

Orang berduka tentunya akan merasakan rasa kehilangan mendalam dari orang yang mereka cintai. Dunia seakan runtuh karena salah satu alasan mereka bertahan hidup telah hilang dari dunia. Meskipun kita tidak dapat merasakan perasaannya secara detail, Anda tetap harus menunjukkan rasa empati dan belasungkawa dengan baik dan tulus. Selain dengan kata-kata, Anda dapat membawa bunga yang melambangkan duka cita untuk orang tersebut. Pemberian bunga pada adab menghibur orang berduka menjadi salah satu bentuk penghormatan bagi mereka yang meninggalkan dunia. Langkah ini sebagai solusi bagi Anda yang takut salah dalam memilih kata saat menyampaikan rasa empati dan belasungkawa. Beberapa bunga yang dapat Anda pilih seperti mawar hitam, anyelir, lily putih, hingga krisan.

Jaga Perkataan dan Perilaku agar Tidak Menyinggung

Perasaan berduka membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan emosional dibandingkan hari biasanya. Emosi yang tidak stabil memicu dirinya mudah tersinggung dengan perkataan dan perilaku dari orang lain. Ketika ingin menyampaikan simpati pada orang berduka, Anda harus menjaga perkataan dan perilaku dengan hati-hati. Ini menjadi adab menghibur orang berduka yang paling bijak untuk Anda lakukan. Jangan banyak mengajukan pertanyaan yang dapat memicu kesedihannya. Beberapa pertanyaan akan menjadi lebih sensitif bagi orang tersebut. Bicaralah ketika memang diperlukan dan lebih banyaklah diam untuk menghormati perasaan orang berduka. Anda dapat menyesuaikan adab dan aturan yang berlaku di lingkungan orang tersebut. Menjaga perkataan dan perilaku tetap sopan dan santun akan sangat berarti bagi orang berduka untuk tetap merasakan kenyamanan.

Dengar Keluhannya Tanpa Menghakimi

Saat mengalami perasaan berduka, seseorang memiliki keluhan yang memenuhi perasaan dan pikirannya. Dengan perasaan sedih yang mendalam, orang berduka belum membutuhkan saran dari orang lain. Dari situlah mereka membutuhkan orang lain yang dapat mendengar segala keluhannya secara sukarela dan tidak menghakimi. Biasanya,itu datang dari orang yang menjadi kepercayaannya. Jika Anda termasuk salah satunya, sediakanlah waktu untuk mendengarkan dengan penuh ketulusan hati. Dengarkanlah keluhan tersebut hingga selesai tanpa memotong cerita orang tersebut. Pada intinya, mereka hanya butuh seseorang untuk berbagi perasaan sedih yang mereka rasakan. Berbagi perasaan membuat perasaannya menjadi lebih ringan sehingga mampu beraktivitas kembali.

Beri Ruang untuk Mengungkapkan Emosi

Perasaan sedih yang tidak berujung membuat orang berduka lebih mudah tertekan dan stres. Meskipun tidak membicarakannya, hal itu akan terlihat dari raut wajah dan gestur dari orang tersebut. Ketika Anda menyadari hal tersebut, bantulah mereka untuk mengungkapkan emosi yang memenuhi pikiran dan perasaannya. Ungkapan emosi ini dapat berupa tangisan, kekecewaan, ketakutan, hingga kemarahan. Berilah waktu sebanyak apapun dari yang mereka inginkan hingga emosinya dapat tersalurkan dengan baik. Pengungkapan emosi menjadi cara yang ampuh untuk mengubah perasaan menjadi lebih baik. Adab menghibur orang berduka ini menjadi hal paling mendasar yang harus Anda pahami.

Baca Juga: Bunga Untuk Orang Meninggal : Simbol Duka Cita untuk Sampaikan Simpati

Baca Juga: Arti Bunga Higanbana Si Cantik Kelam yang Penuh Misteri

Bantu Buat Makanan untuk Keluarganya

Dalam keadaan berduka, biasanya seseorang enggan untuk melakukan beberapa hal, salah satunya makan. Meskipun itu sebuah kebutuhan, orang berduka tidak memiliki nafsu makan yang baik saat kehilangan orang tersayangnya. Jika ingin makan pun, mereka akan cenderung memilih makanan untuk masuk ke dalam perutnya. Anda dapat mengibaratkan orang berduka seperti orang sakit yang harus dipenuhi kebutuhannya. Buatlah makanan untuk orang berduka beserta keluarganya agar mereka tetap memperoleh asupan makanan yang baik. Jika memungkinkan, tanyakan makanan apa yang ingin mereka konsumsi. Makanan akan membantu memulihkan energi setelah merasakan kesedihan yang mendalam karena kehilangan. Hal ini sangat berguna agar kesehatan tetap terjaga.

Ajak untuk Ikut Kegiatan yang Bermanfaat

Ketika orang berduka telah cukup pulih dari rasa kehilangannya, Anda dapat mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan ini dapat memulihkan dan menyegarkan pikiran agar kembali mampu menjalani aktivitas seperti biasanya. Ajaklah mereka ke tempat-tempat yang seru untuk mengalihkan pikiran sedihnya ke hal-hal yang menyenangkan. Adab menghibur orang berduka ini menjadi penting untuk dilakukan karena akan berdampak baik bagi fisik dan mentalnya. Segala bentuk tekanan dan stres yang mereka alami dapat mereda sehingga mental dapat kembali stabil. Selain itu, ajaklah mereka untuk mengikuti kegiatan bermanfaat seperti bersedekah, volunteer, hingga mengikuti kajian sebagai pemenuhan kebutuhan rohaninya. Kegiatan bermanfaat akan merefleksikan orang berduka sebagai pengingat bahwa masih banyak hal-hal baik yang dapat mereka lakukan setelah mengalami perasaan kehilangan. Di samping memulihkan pikiran, mereka juga dapat bertemu banyak orang baik dan bertukar pengalaman sebagai pengingat untuk terus melanjutkan hidup.

Leave a Reply