Tips Menghemat Biaya Foto Prewedding dengan Sederhana dan Hemat Budget

Tips Menghemat Biaya Foto Prewedding dengan Sederhana dan Hemat Budget

Pernikahan merupakan hal yang perlu Anda persiapkan secara matang. Persiapan sebelum menikah yang biasanya dilakukan adalah foto prewedding. Akan tetapi, momen ini seringkali membuat biaya pernikahan membengkak. Banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya sebagai bentuk penghematan. Ada juga yang membuat foto prewedding menjadi sederhana agar momen tersebut tidak terlewatkan begitu saja. Salah satunya dengan merangkai bunga secara mandiri atau membuat buket bunga dengan kain flanel sebagai properti foto prewedding. Meskipun sederhana, yang terpenting adalah Anda dapat mengabadikan momen bersama pasangan. Terdapat beberapa tips lain untuk menghemat biaya foto prewedding untuk Anda.

Tips Menghemat Biaya Foto Prewedding

Foto prewedding yang sederhana tidak akan menghilangkan esensi dari momen tersebut. Anda tidak perlu berlomba untuk membuat foto prewedding menjadi yang paling baik. Hal yang terpenting adalah saat acara pernikahan tersebut. Untuk menghemat biaya foto prewedding dapat Anda mulai dengan mencari lokasi strategis di sekitar Anda. Berikut beberapa tipsnya. 

Rencanakan Lokasi yang Terjangkau

Untuk menghemat biaya foto prewedding, buatlah daftar rencana lokasi-lokasi yang terjangkau di sekitar. Saat ini sudah banyak lokasi yang cocok untuk foto prewedding seperti taman, perpustakaan, sekolah, hingga tempat umum. Biasanya, pasangan akan memilih tempat yang bersejarah saat menjalin hubungan. Pilihlah lokasi dengan biaya masuk minim atau bila perlu gratis. Dengan begitu, biaya sewa lokasi dapat Anda alihkan untuk biaya yang lain. 

Baca Juga: Tips Dekorasi Pernikahan Modern yang Sesuai dengan Tema dan Anggaran

Manfaatkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan merupakan aspek penting dalam pengambilan foto. Pastikan lokasi yang Anda pilih memiliki pencahayaan yang alami. Hal ini dapat membantu untuk menghasilkan foto yang bagus. Pencahayaan alami dapat Anda peroleh saat siang dan sore hari sebelum matahari terbenam. Waktu satu jam sebelum matahari terbenam atau golden hour memiliki cahaya alami terbaik untuk foto prewedding. Anda dapat menambahkan properti papan bunga yang indah saat pemotretan. 

Pilih Paket Fotografer Berpengalaman

Momen sekali dalam seumur hidup harus diabadikan dengan profesional. Anda bisa terlebih dahulu membuat daftar fotografer berpengalaman sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya. Bandingkan beberapa paket fotografer mulai dari layanan dan harganya. Pilihlah paket fotografer berpengalaman yang menyediakan banyak layanan dengan biaya paling minimal. Namun, pastikan terlebih dahulu kualitas foto yang mereka hasilkan agar langkah Anda untuk menghemat biaya foto prewedding tidak sia-sia.

Gunakan Pakaian dan Aksesori Sendiri

Anda juga dapat memakai pakaian dan aksesori pribadi dalam foto prewedding. Hindari kegiatan menyewa karena akan menambah biaya pengeluaran. Sesuaikan pakaian dan aksesori dengan tema prewedding yang Anda pilih. Anda dapat membuat aksesori dengan berbagai referensi seperti pada lempar buket bunga di pernikahan. Selain menghemat biaya foto prewedding, pakaian dan aksesori pribadi dapat memberikan sentuhan personal yang sesuai dengan kepribadian Anda. 

Melibatkan teman atau keluarga sebagai fotografer

Jika fotografer berpengalaman memiliki biaya yang mahal, Anda dapat melibatkan teman atau keluarga sebagai fotografer. Namun, penting menjadi catatan untuk memilih teman atau keluarga dengan skill foto minimal tingkat menengah. Hal ini dapat menjadi jaminan hasil foto tidak mengecewakan. Pastikan Anda sudah mempunyai referensi gaya foto prewedding untuk memudahkan saat pemotretan. Tema dan gaya yang sesuai dengan love language Anda bersama pasangan. Dengan melibatkan teman atau keluarga, Anda dapat menghemat biaya foto prewedding. 

Manfaatkan Aplikasi Edit Foto Gratis

Setelah pemotretan selesai, hasil foto pasti memerlukan beberapa pengeditan agar menjadi sempurna. Biasanya, seseorang akan memesan paket fotografer yang sudah menyediakan layanan edit foto. Bagi Anda yang tidak memilih paket tersebut atau hanya mengandalkan teman dan keluarga sebagai fotografer, Anda bisa memanfaatkan aplikasi edit foto gratis. Anda dapat mengatur tone, kontras, warna, eksposur, hingga pencahayaannya. Berbagai pilihan filter dan gaya juga tersedia di aplikasi edit foto gratis tersebut. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pengeditan foto sesuai dengan preferensi yang Anda miliki bersama pasangan. 

Kurangi Jumlah Lokasi dan fokus pada lokasi yang diinginkan

Langkah selanjutnya untuk menghemat biaya foto prewedding adalah meminimalkan jumlah lokasi pemotretan. Anda cukup memilih satu atau dua lokasi pemotretan yang sesuai dengan tema prewedding Anda. Maksimalkan lokasi yang Anda pilih dengan menghasilkan foto yang banyak. Pertimbangkan juga jarak antara lokasi-lokasi yang Anda pilih, jangan memilih lokasi dengan jarak yang jauh. Perpindahan tempat hanya akan menguras waktu dan tenaga saat pemotretan. 

Baca Juga: Jadikan Pengetian Tidak Membosankan: Tata Cara dan Jika Melanggar

Mengurangi prop dan hiasan berlebihan

Tips terakhir untuk menghemat biaya prewedding adalah dengan mengurangi properti dan hiasan yang berlebihan. Anda dapat memilih dan menggunakan properti yang penting dan sesuai dengan tema prewedding. Terlalu banyak properti membuat proses pemotretan menjadi lebih lama dan hasil foto terlalu ramai. Pertimbangkan juga untuk tidak memakai hiasan berlebihan jika tema yang Anda pilih adalah tema sederhana dan elegan. Kedua hal tersebut akan berpengaruh pada hasil foto prewedding Anda.

Kesimpulan 

Foto prewedding bukanlah hal asal yang Anda lakukan sebelum menikah. Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan salah satunya untuk menghemat foto prewedding. Beberapa tips di atas dapat Anda terapkan saat memutuskan untuk melakukan foto prewedding yang sederhana. Dengan begitu, Anda tetap dapat mengabadikan momen bersama pasangan tanpa terbebani dengan biaya yang mahal.

Leave a Reply