9 Makanan Hari Raya Idul Fitri Paling Populer : Cocok Disantap Bersama Keluarga

9 Makanan Hari Raya Idul Fitri Paling Populer : Cocok Disantap Bersama Keluarga

Hari Raya Idul FItri identik dengan sajian makanan yang beraneka ragam. Penyajian makanan ini bertujuan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah, baik dari keluarga, tetangga, hingga teman. Bisa juga makanan tersebut dikirim sebagai hadiah sekaligus penyambung silaturahmi. Makanan hari raya dapat berasal dari jenis makanan berat ataupun ringan yang cocok disantap bersama keluarga. Hal ini dapat menambah suasana kehangatan dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri. Suasana berkumpul bersama dalam setahun sekali ini sangat sayang jika terlewatkan begitu saja. Hidangkanlah berbagai macam makanan agar para tamu dapat memilih sesuai dengan selera mereka. Beberapa makanan juga dapat Anda buat sendiri dengan mudah agar menghemat pengeluaran. Berikut informasi selengkapnya.

Makanan Hari Raya Idul Fitri

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, orang-orang sibuk untuk menyiapkan makanan sebagai sajian tamu yang datang. Mereka akan menyajikan berbagai jenis pilihan makanan yang menggugah selera. Makanan Hari Raya Idul Fitri sangat beraneka ragam pada setiap daerah. Anda dapat memilih makanan sebagai pelengkap hadiah di hari kemenangan yang indah. Tidak hanya opor dan rendang, masih banyak makanan Hari raya yang dapat Anda sajikan. Selain lezat dan mengenyangkan, makanan ini dapat menjadi simbol kehangatan dan kebersamaan. Berikut 9 makanan hari raya paling populer yang cocok untuk disantap bersama keluarga.

Opor Ayam

Makanan satu ini pasti sudah tidak asing bagi Anda saat hari raya, yaitu opor ayam. Di Indonesia, opor ayam menjadi makanan hari raya paling populer nomor satu. Opor ayam terbuat dari potongan ayam dan santan yang dimasak bersama bumbu kaya akan rempah. Proses pembuatannya harus dengan perhatian penuh dalam waktu lama. Hal ini akan berpengaruh pada kelembutan daging dan menyerapnya bumbu secara sempurna sehingga hasilnya akan lezat. Anda dapat menyajikan opor ayam bersamaan dengan lontong, ketupat, atau nasi putih.

Baca Juga: Sejarah Kue Lidah Kucing yang Jadi Cemilan Favorit Bulan Ramadhan

Baca Juga: Ide Resep Kue Kastengel Homemade Hemat untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Semur

Pada Hari Raya Idul Fitri, berbagai jenis semur juga sering tersaji di meja makan. Jenis-jenis semur itu di antaranya adalah daging sapi, telur, hingga tempe dan tahu. Semur memiliki kuah kental berwarna cokelat yang kaya akan rempah. Sama seperti opor ayam, proses pembuatan semur juga relatif lama, terkhususnya pada semur daging dan ayam. Cita rasa manis dan gurih membuat makanan hari raya ini memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan menyantap semur bersama keluarga akan menambah suasana menyenangkan dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari daerah Padang yang sudah diakui kelezatannya di dunia. Kelezatan rendang terletak pada rasa yang pedas, gurih, dan legit dengan aroma rempah yang menggugah selera. Kekhasan rasa dan aroma dari rendang berasal dari proses pembuatan yang panjang dan lama disertai dengan kesabaran dan keuletan. Meskipun sudah populer sebagai makanan sehari-hari, rendang juga menjadi makanan hari raya yang wajib ada. Anda juga dapat mengeringkan rendang sebagai ide isi hampers terbaik untuk kerabat yang jauh.

Gulai Sayur

Untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi yang masuk dalam tubuh, Anda dapat turut menyajikan gulai sayur sebagai makanan hari raya. Terlebih lagi jika Anda masih dalam proses menjaga pola makan, gulai sayur menjadi pilihan yang tepat. Cita rasa gulai sayur ini kaya akan rempah yang gurih dan sedikit pedas. Gulai sayur terdiri atas beberapa sayuran seperti wortel, kentang, daun singkong, tauge, kol, hingga daun kelor. Sayuran tersebut direndam dalam waktu yang lama agar mampu meresap bumbu dengan maksimal. Jangan sampai di hari kemenangan ini Anda terlena dalam mengkonsumsi makanan tanpa menyeimbangkan gizinya.

Kentang Mustofa

Makanan hari raya selanjutnya datang dari bahan dasar kentang yang diiris tipis-tipis. Masyarakat Indonesia biasa menyebutnya dengan kentang mustofa. Irisan kentang tersebut nantinya akan digoreng di minyak panas hingga kering. Lalu, Anda harus memasaknya kembali dengan bumbu kaya akan rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan daun salam. Proses pemasakan ini menghasilkan kentang mustofa dengan rasa yang gurih dan aroma yang harum. Ini dapat menjadi makanan hari raya sebagai hadiah bagi anak yang berhasil berpuasa sebulan penuh

Lontong Sayur

Selain gulai sayur, terdapat juga lontong sayur sebagai pilihan makanan hari raya yang cocok disantap bersama keluarga. Penyajian lontong bersama sayur menjadi ide hidangan yang sehat dan juga mengenyangkan. Lontong akan dipotong-potong di dalam mangkuk dan disiram dengan sayur yang beraneka ragam. Biasanya, sayur ini berupa kacang panjang, daun singkong, tauge, labu siam hingga tahu tempe yang dipadukan dengan santan dan bumbu berempah. Rasa dan aroma yang khas akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Dengan lontong sayur, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. 

Baca Juga: Pola Asuh Anak di Bulan Ramadhan untuk Mengajarkan Berpuasa & Berbagi

Aneka Kue Kering

Setelah mengkonsumsi makanan-makanan berat, tentunya Anda membutuhkan makanan ringan sebagai hidangan pendamping. Makanan hari raya yang ringan dapat berasal dari aneka kue kering yang lezat seperti nastar, lidah kucing, kastengel, dan putri salju. Kue-kue tersebut memiliki cita rasa dan tekstur khas yang berbeda-beda. Anda dapat memilih kue kering favorit untuk menyambut tamu di rumah. Makanan hari raya ini menjadikan suasana semakin penuh akan kebersamaan dan kehangatan. Selain dapat membelinya, Anda juga dapat membuat aneka kue kering di rumah dengan mudah. Dengan mengikuti resep di internet, kue kering dapat Anda buat sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. 

Sambal Goreng Ati

Bagi Anda pecinta makanan pedas, sambal goreng ati dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan hari raya. Cita rasa gurih, pedas, dan sedikit manis mampu menggugah selera apalagi jika menyantapnya dengan nasi hangat. Sambal goreng ati terdiri atas hati sapi yang dimasak dengan cabai, bawang putih, lengkuas, santan, dan bumbu lainnya untuk menciptakan rasa rempah yang kuat. Setiap orang yang menyantapnya tidak akan melupakan sensasi dari rasa dan aromanya. Menyajikan sambal goreng ati kepada keluarga memiliki makna kedermawanan dan keramahtamahan pada hari kemenangan. Penting untuk Anda mengolah hati sapi dengan benar agar hasil masakan tidak bau apek.

Ayam Woku

Jika bosan menyajikan ayam dalam bentuk opor, Anda dapat menghidangkan ayam dengan bumbu woku sebagai makanan hari raya. Bagi sebagian orang, makanan khas Sulawesi Utara ini menjadi hidangan wajib saat Idul Fitri. Ayam woku memiliki cita rasa segar, pedas, dan sedikit asam yang unik dan memikat banyak orang. Rasa ini berasal dari bumbu khas woku yaitu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, lengkuas, jahe, daun kemangi, tomat, dan daun jeruk. Kesegaran ayam woku ini tidak dapat Anda temukan pada makanan hari raya yang lain seperti semur dan rendang.

Leave a Reply