Cara Memberikan Ucapan Turut Berduka Cita dengan Tepat

Cara Memberikan Ucapan Turut Berduka Cita dengan Tepat 

Cara memberi ucapan turut berduka cita menjadi salah satu bentuk untuk mengungkapkan rasa simpati dan belasungkawa kepada seseorang. Ucapan ini secara tidak langsung memberikan dukungan moril kepada orang tersebut atas kehilangan orang yang dicintainya. Setiap kata yang Anda pilih dengan tepat mampu menjadi kekuatan untuk terus melanjutkan hidup. Ucapan ini harus Anda sesuaikan dengan beberapa hal seperti keyakinan, agama, usia, hingga hubungan dengan orang tersebut. Pemilihan kata yang tepat membuat ucapan terdengar tulus dan menyentuh hati sang penerima. Jangan sampai ucapan itu malah memperburuk suasana orang yang berduka. Berikut beberapa contoh ucapan berduka cita yang tepat.

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Islam 

Ucapan turut berduka cita Islam biasanya diawali dengan kalimat dalam bahasa Arab yang berbunyi “Innalillahi wa innailaihi raji’un”. Kalimat tersebut memiliki arti “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali. Ucapan ini sebagai bentuk kepasrahan bahwa kepergian seseorang merupakan takdir Tuhan yang pasti terjadi. Melalui ucapan tersebut, dukungan moril juga tersampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan. Berikut contoh ucapan yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga: Bunga untuk Makam dan Ide Penggunaan Karangan Bunga Duka

  • Innalillahi wa innailaihi raji’un, saya turut berduka cita atas kepergian almarhum. Semoga amal dan ibadah beliau selama hidup dapat diterima di sisi Allah. Dan segala kesalahannya dapat mendapat ampunan. Semoga Anda dan keluarga mendapatkan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani takdir yang digariskan-Nya.
  • Saya mengucapkan turut berduka cita atas kepergian almarhum yang tidak terduga. Semoga segala amal baik beliau dapat menjadi jalan untuk membuka pintu surga-Nya. Hidup mungkin akan lebih sulit kedepannya, saya dengan tulus dan ikhlas akan membantu keluarga apabila diperlukan. 

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita kristen 

Berbeda dengan ucapan turut berduka cita Islam, dalam Kristen Anda dapat menekankan pada harapan adanya kedamaian dari Tuhan akan sepeninggal almarhum. Ucapan tersebut membuat seseorang mendapatkan kenyamanan dan kekuatan saat sedang berduka. Bentuk dukungan tersebut menjadi harapan untuk terus melanjutkan hidup. Berikut contoh ucapannya.

  • Saya turut berduka cita atas kehilangan yang keluarga ini rasakan. Semoga damai sejahtera dari Tuhan terus mengasihi keluarga yang ditinggalkan untuk tetap tabah dan kuat dalam menjalani hidup. Saya yakin almarhum sudah beristirahat dengan tenang di pelukan Tuhan.
  • Dengan penuh kesedihan yang turut saya rasakan, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum. Semoga Anda dan keluarga mendapatkan kekuatan dan ketabahan dalam kasih Tuhan yang tidak pernah putus.

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Umum 

Bagi sebagian orang, memberikan simpati duka cita sesuai dengan agama atau keyakinan adalah hal yang berisiko. Mereka takut akan kesalahan dalam mengucapkan kalimat tersebut. Jika Anda merasakan hal yang sama, Anda dapat memberikan ucapan turut berduka cita umum agar lebih nyaman. Anda juga dapat memberikan bunga sebagai tanda ucapan duka cita yang tulus. Berikut contoh ucapan yang sederhana. 

  • Saya turut berduka cita atas kepergian almarhum secara tiba-tiba. Semoga Anda dan keluarga mendapatkan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani semua ini. Doa baik saya panjatkan mengiringi kepergian almarhum.
  • Turut berduka cita atas kehilangan orang yang paling Anda sayangi. Saya tahu almarhum adalah orang yang baik. Untuk itu saya akan selalu mengenang kebaikan almarhum selama ini.
  • Saya turut merasakan kesedihan karena kepergian almarhum. Segala kebaikan semasa beliau hidup masih terekam jelas di ingatan saya. Saya mendoakan agar Anda dan keluarga mendapatkan kekuatan dalam menjalani hidup kedepannya.

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita untuk Orang Tua 

Sebagai manusia yang menjunjung tinggi nilai sopan santun, alangkah baiknya jika diterapkan juga saat memberikan ucapan turut berduka cita. Terlebih lagi jika orang tersebut memiliki jarak umur yang lebih tua. Penggunaan kata dan kalimat harus mendapatkan perhatian lebih agar tidak menyinggung keluarga yang ditinggalkan. Berikut contoh ucapannya. 

Baca Juga: Karangan Bunga Duka dengan Cara Pesan yang Mudah

Baca Juga: Bunga Simbol Duka Cita yang Bermakna untuk Tunjukkan Rasa Peduli

  • Turut berduka cita atas kepergian orang yang paling Anda sayangi. Semoga bapak mendapatkan kekuatan dan ketabahan dalam menerima cobaan ini. Saya harap almarhum dapat beristirahat dengan tenang.
  • Saya turut merasakan kesedihan atas kepergian almarhum. Semua kebaikannya masih saya ingat sampai sekarang. Dan saya yakin orang-orang juga merasakan hal yang sama. Semoga ibu dapat tabah dan ikhlas untuk merelakan kepergian almarhum.

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita untuk Teman 

Ketika memiliki teman yang sedang berduka, Anda tentunya turut merasakan kesedihan yang mendalam. Kata dan kalimat turut berduka cita menjadi penguat yang sangat berarti. Ucapan tersebut menjadi bentuk simpati yang tulus dan ikhlas kepada teman saat berduka. Berikut contoh ucapan yang dapat Anda berikan kepada teman.

  • Aku dapat merasakan perasaan kehilangan yang kamu rasakan. Semoga almarhum dapat beristirahat dengan tenang di sisi-Nya. Kamu dapat menceritakan segala perasaan sedih kepadaku. Jangan merasa sendiri, aku akan selalu ada di sisimu.
  • Kehilangan ini pasti menjadi pukulan yang berat untukmu. Semoga kamu bisa selalu tabah dan kuat dalam menjalani hidup. Jika ada hal yang bisa meringankan bebanmu, aku akan dengan senang hati menerimanya. Tumpahkanlah segala hal yang kamu rasakan, semua perasaan itu valid.

Leave a Reply