Tips Cara Membuat Taplak Meja Sederhana dari Kain Bekas

Tips Cara Membuat Taplak Meja Sederhana dari Kain Bekas

Mengubah barang bekas menjadi berguna kembali bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Banyak kerajinan barang bekas yang memiliki nilai jual di pasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah yang semakin menumpuk. Taplak meja dari kain bekas menjadi salah satunya. Anda dapat membuat taplak meja untuk kebutuhan sendiri hingga memberikannya sebagai hadiah ke tetangga, teman, atau kerabat terdekat. Bagi Anda yang memiliki kain bekas menumpuk di rumah, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips cara membuat taplak meja sederhana dari kain bekas berikut ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan dalam Membuat Taplak Meja Sederhana

Sebelum memulai cara membuat taplak meja, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Tenang saja, pembuatan taplak meja tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit. Bahan utamanya adalah kain bekas yang dapat berasal dari pakaian, sprei, celana, dan benda lainnya yang sudah tidak terpakai. Pastikan kain dalam kondisi yang baik. Jangan lupa untuk mencuci kain terlebih dahulu agar siap pakai.

Ada beberapa bahan lain untuk mendukung dalam cara membuat taplak meja. Berikut ini merupakan bahan-bahan pendukungnya.

  • benang jahit
  • gunting jahit 
  • jarum jahit
  • pita meteran
  • setrika

Anda dapat menggunakan bantuan mesin jahit jika benda itu ada di rumah. Mesin jahit akan membuat proses pembuatan taplak meja menjadi lebih rapi dan indah. Anda juga dapat menambahkan dekorasi seperti pita dan renda. 

Baca Juga: Daur Ulang Barang Bekas dengan Kumpulan Ide dan Tips Pemanfaatan

Langkah-langkah Cara Membuat Taplak Meja Sederhana dari Kain Bekas

Pastikan semua bahan-bahan untuk membuat taplak meja sudah siap. Anda dapat dengan segera membuat taplak meja dengan kreativitas dan keterampilan yang Anda punya. Meskipun tidak terlalu sulit, tetapi penting untuk memiliki ketelitian dan keuletan dalam membuatnya. Pastikan Anda mengikuti setiap langkahnya dengan benar. Berikut langkah-langkah cara membuat taplak meja dari kain bekas yang bisa Anda ikuti.

Pilih kain bekas yang sesuai dengan ukuran meja

Langkah pertama adalah mengukur meja dengan pita meteran. Ukur panjang dan lebar meja dengan menambahkan beberapa inci di setiap sisinya. Tambahan ukuran ini berguna untuk lipatan dari taplak meja. Selanjutnya, pilihlah kain bekas dengan ukuran yang mampu menutupi meja dengan baik. Anda dapat memilih kain dari sprei, selimut, hingga pakaian bekas yang tidam terpakai.

Jika tidak menemukan kain dengan ukuran tersebut, Anda bisa menggabungkan beberapa kain bekas hingga mencapai ukuran meja. Pastikan pola dari kain tersebut selaras agar taplak meja terlihat indah. Kemudian jahit kedua kain agar menutupi ukuran meja tersebut. Jangan memilih kain yang tipis karena akan mudah sobek saat melakukan cara membuat taplak meja. 

Ukur dan Potong Kain untuk menentukan ukuran taplak

Setelah memilih kain bekas yang sesuai, ukurlah kain mengikuti ukuran taplak meja tersebut. Pastikan angka pengukuran sesuai dengan ukuran meja yang diukur. Gunakan pita meteran untuk mengukur atau penggaris agar terukur dengan tepat. Ukuran ini dapat menyesuaikan bentuk taplak meja sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya, taplak meja akan berbentuk kotak, persegi panjang, dan oval. Tandai ukuran taplak meja dengan jarum, pulpen, atau spidol yang Anda punya di rumah. Selanjutnya, potonglah kain bekas sesuai dengan pengukuran tersebut. Gunakanlah gunting jahit agar kain bekas dapat terpotong dengan sempurna. 

Baca Juga: Cara Buat Kerajinan Bunga Kering yang Simple dari Limbah Bunga

Rapikan pinggiran kain

Pemotongan kain bekas akan membuat benang-benang di pinggiran kain menjadi tidak beraturan. Hal ini dapat membuat kain mudah rusak dan robek saat dipakai. Rapikanlah pinggiran kain agar tidak mengganggu keindahan dan keberfungsiannya. Anda juga bisa menjahit pinggiran kain menggunakan jarum atau mesin jahit agar pinggiran kain tidak mengelupas. Pastikan pinggiran kain terpotong atau terjahit dengan rapi. Langkah ini merupakan cara membuat taplak meja menjadi lebih rapi dan awet. 

Lipat dan Setrika Hem

Anda telah sampai di penghujung langkah cara membuat taplak meja. Tentukan ukuran hem sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya hem memiliki ukuran 1-2 inci dari pinggiran kain. Kemudian lipatlah hem sesuai dengan pengukuran tersebut. Pastikan hem terlipat dengan sempurna. Anda dapat menggunakan jarum sebagai alat bantu agar lipatan hem tidak terbuka. Lalu, setrikalah seluruh bagian taplak meja hingga lurus dan rapi. Pastikan Anda menekan lipatan hem dengan baik agar hasilnya maksimal.

Tambahkan sentuhan personal

Langkah terakhir ini merupakan langkah tambahan atau opsional yang tidak wajib untuk dilakukan. Anda dapat menambahkan sentuhan personal dengan menghias taplak meja sesuai keinginan. Gunakan pita atau renda untuk menghiasi pinggiran taplak meja. Anda bisa juga menambahkan payet atau manik-manik dengan mengikuti pola atau gambar. Keunikan dan keindahan taplak meja milik Anda semakin terlihat jelas. Setelah Anda mengikuti seluruh langkah-langkah cara membuat taplak meja ini, Anda dapat memakai taplak meja sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply