6 List Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita & Cara Menentukan

6 List Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita & Cara Menentukan 

Seserahan identik dengan pemberian barang-barang dari calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Tujuan dari adanya seserahan adalah sebagai bentuk penghormatan kepada calon pengantin wanita Biasanya, kedua belah pihak akan mendiskusikan isi seserahan agar berbeda dengan seserahan lamaran yang sudah terlaksana. Pihak calon pengantin wanita juga dapat mengajukan permintaan barang sebagai isi dari seserahan. Namun, pastikan isi seserahan tidak memberatkan pihak calon pengantin pria. Pertimbangkan beberapa pilihan isi seserahan pernikahan yang sederhana agar menghemat biaya pengeluaran. Jangan sampai kemewahan seserahan akan menyengsarakan kehidupan setelah pernikahan. Berikut informasi lengkap mengenai list isi seserahan pernikahan dan cara menentukannya,

6 List Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Berbagai barang dapat menjadi pilihan sebagai list isi seserahan pernikahan untuk wanita. Tidak ada aturan khusus yang berlaku untuk seserahan itu sendiri. Poin penting yang harus menjadi pertimbangan adalah isi seserahan pernikahan dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pengantin wanita. Lakukanlah diskusi secara mendalam untuk mendapatkan isi seserahan pernikahan yang paling baik. Seserahan ini dapat memiliki arti hadiah dari calon pengantin laki-laki untuk calon pengantin wanita. Berikut 6 list isi seserahan pernikahan untuk wanita.

1. Siraman dan Bunga Melati

Siraman dan bunga melati merupakan isi seserahan pernikahan yang kental akan budaya Indonesia. Dengan memberikan kedua hal tersebut, nilai-nilai tradisional turut andil dalam acara pernikahan Anda. Siraman melambangkan kesucian, kesuburan, dan kesegaran sebagai persiapan memulai hidup baru dengan hati yang bersih dan suci. Sedangkan bunga melati hadir untuk menciptakan suasana yang tenang dan romantis. Bunga ini menjadi simbol harapan kedua calon pengantin memiliki kebahagiaan dengan rasa yang manis.

2. Alat Sholat atau Al-Qur’an

Seserahan pernikahan identik dengan alat sholat atau Al-Qur’an yang memiliki makna mendalam. Alat sholat dalam isi seserahan dapat berupa sajadah, mukena, dan tasbih. Baik alat sholat atau Al-Qur’an akan menghadirkan nilai spiritual dan religius bagi kedua calon pengantin dalam menempuh hidup yang baru. Pernikahan mereka akan memiliki komitmen untuk menjadikan agama Islam sebagai pondasi utama dalam membangun keluarga. Dengan itu, setiap langkah dalam perjalanan rumah tangga tersebut mendapatkan ridho dari Allah.

Baca Juga: 7 Kue Seserahan lamaran Enak dengan Tampilan Menarik dan Cantik

3. Perhiasan Berlian atau Emas

Perhiasan berlian atau emas menjadi simbol kekayaan atau kesejahteraan yang cocok sebagai isi seserahan pernikahan. Harapannya kehidupan kedua calon pengantin akan menerima rezeki yang tidak pernah putus dari Allah. Memberikan calon pengantin wanita perhiasan juga menunjukkan penghormatan dan penghargaan pada wanita tersebut. Ini menandakan bahwa calon pengantin pria memiliki komitmen dan kesiapan untuk memberikan yang terbaik kepada calon istrinya saat berumah tangga. Seorang wanita tentunya akan sangat senang memakai perhiasan berlian atau emas yang berasal dari orang terkasihnya.

4. Satu Set Make Up dan Skincare

Isi seserahan paling cocok untuk wanita adalah satu set make up dan skincare. Kedua benda tersebut merupakan keperluan penting bagi seorang wanita. Sebelum memutuskan untuk memberinya, tanyakan terlebih dahulu kebutuhan satu set make up dan skincare beserta merek yang biasa digunakan. Hal ini disebabkan kebutuhan make up dan skincare pada setiap wanita berbeda-beda tergantung jenis dan kondisi kulitnya. Anda bisa memberikan satu set make up yang berisi foundation, bedak, lipstik, eyeshadow, eyeliner, pensil alis, blush on, dan maskara. Sedangkan skincare dapat terdiri atas toner, serum, pelembab, dan sunscreen. Jangan sampai Anda salah dalam memilih karena akan berdampak buruk jika kulit wanita itu sensitif. Satu set make up dan skincare juga dapat menjadi ide hadiah pertunangan sahabat yang sangat cocok.

5. Perlengkapan Baju Tradisional

Untuk menambahkan nilai-nilai budaya, Anda dapat memilih perlengkapan baju tradisional. Benda itu menjadi simbol identitas bagi suatu budaya dalam masyarakat yang harus terus dijaga. Sesuaikanlah baju tradisional dengan suku atau budaya dari calon pengantin wanita. Perlengkapan baju tradisional juga akan berguna untuk memperingati hari-hari besar nasional seperti Hari Kartini atau untuk menghadiri acara penting seperti pernikahan. Beberapa pakaian yang termasuk dalam perlengkapan tradisional yaitu batik, kebaya, sarung, dan songket. 

Baca Juga: 6 Buket Bunga Lamaran Recommended di Berbagai Adat

6. Berbagai Jenis Tas dan Sepatu 

Isi seserahan pernikahan yang terakhir adalah tas dan sepatu. Meskipun jarang dilakukan, kedua benda tersebut pasti akan berguna bagi calon pengantin wanita. Berikanlah jenis tas dan sepatu yang menjadi favoritnya dan paling diinginkan selama ini. Hal tersebut dapat menambah rasa bahagia dan bersyukur ketika menerimanya. Beberapa jenis tas yang dapat Anda pilih yaitu slingbag, handbag, tas travel, hingga koper. Sedangkan jenis sepatunya yaitu flat shoes, high heels, dan wedges. Pastikan Anda benar-benar mengetahui selera dari calon pengantin wanita agar tepat dalam memilihnya.

Cara Menentukan Isi Seserahan Pernikahan yang Tepat 

Beberapa list isi seserahan di atas tentunya harus disesuaikan lagi dengan kebutuhan dari calon pengantin wanita. Jangan sampai isi seserahan tidak membuat wanita merasa senang dan bahagia. Dari situlah penting untuk melakukan pertemuan kedua keluarga guna mendiskusikan barang apa saja yang akan menjadi isi seserahan lamaran. Tanyakan kebutuhan dan keinginan calon pengantin wanita yang bisa diwujudkan dalam isi seserahan pernikahan. Berbagai pertimbangan isi seserahan pernikahan ini dapat meliputi budaya, tradisi, agama, hingga kemampuan finansial dari calon pengantin pria. Bila perlu, buatlah rencana anggaran yang sesuai untuk isi seserahan pernikahan agar biaya tidak membengkak.

Leave a Reply