Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR

Setiap wilayah memiliki upah minimum regional atau UMR yang berbeda-beda. Bagi orang yang sudah berumah tangga, gaji UMR menjadi keuangan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka harus mengatur bagaimana gaji tersebut cukup untuk sebulan penuh. Dari situlah perlu adanya rencana keuangan agar tidak membengkak di pertengahan bulan. Lebih baik lagi jika mereka menabung sebagian kecil dari gaji tersebut. Berikut beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga Anda dengan gaji UMR.

Buatlah anggaran bulanan

Hal pertama dalam cara mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan membuat anggaran bulanan. Anggaran bulanan akan membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih efektif dengan mencatat pendapatan bulanan dan pengeluaran rutin. Pengeluaran rutin dapat terdiri dari biaya hidup sehari-hari dan tagihan bulanan seperti listrik, air, dan internet. Cara mengatur keuangan rumah tangga ini akan memperlihatkan secara rinci kebutuhan utama setiap bulannya. Ini dapat mencegah pembelian barang yang tidak perlu dan berlebihan.

Tetapkan sejumlah kecil uang untuk tabungan darurat

Setelah berhasil membuat anggaran bulanan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian kecil dari gaji untuk tabungan darurat. Tabungan darurat sangat penting untuk menghadapi kejadian yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, renovasi, hingga kehilangan pekerjaan. Meskipun menyisihkan dalam jumlah sedikit, tetapi jika dilakukan secara konsisten dapat menjadi awal yang baik. Langkah ini mencegah Anda untuk melakukan pinjaman dengan bunga yang tinggi hingga menjual aset-aset berharga. Tabungan darurat membuat Anda menjadi lebih aman dan tenang untuk menghadapi ketidakpastian di masa depan.

Baca Juga: 7 Ide Kado Wisuda bermanfaat dan Romantis untuk Sahabat dan Keluarga

Bijak dalam Pengeluaran

Pengeluaran merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian serius dalam kehidupan rumah tangga. Apalagi jika gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Anggaran bulanan yang sudah ada harus dipatuhi agar tidak melebihi batas. Dalam berumah tangga, bijaksanalah untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan yang sifatnya hanya sementara. Belanjakan uang dengan mempertimbangkan pilihan produk dengan harga dan diskon yang ditawarkan. Bila perlu, pantaulah kebutuhan mana yang dapat dipangkas agar mengurangi pengeluaran. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan bijak dalam pengeluaran membuat keuangan lebih stabil. 

Monitor pengeluaran harian

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan monitor pengeluaran harian. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pengeluaran masih dalam batas anggaran bulanan yang sudah ditetapkan. Catatlah setiap pengeluaran harian untuk memantau apakah pengeluaran tersebut terpakai secara efektif untuk memenuhi kebutuhan. Anda dapat mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu sehingga dapat dilakukan evaluasi setiap harinya. Dengan monitor pengeluaran harian memungkinkan untuk melakukan perubahan pada pola konsumtif yang dilakukan agar tidak berlebihan.

Hemat pada Makanan

Hemat pada makanan bukan berarti memangkas kebutuhan makan sehari-hari, seperti yang tadinya 3x menjadi 2x saja. Itu merupakan langkah yang buruk dan berpengaruh pada kesehatan. Cara mengatur keuangan rumah tangga ini dapat dengan mencatat daftar belanja sebelum pergi ke toko. Catatan ini menjadi pedoman untuk menghindari pembelian yang tidak perlu. Pastikan juga bahan makanan yang dibeli dalam jumlah banyak agar dapat digunakan dalam beberapa hari. Membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri menjadi langkah terbaik untuk hemat pada makanan tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas nutrisi bagi tubuh. 

Hindari mengambil pinjaman yang tidak perlu

Pinjaman merupakan hal yang harus dihindari dalam berumah tangga. Apalagi jika pinjaman itu hanya untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Memang pada awalnya akan terasa sangat membantu, tetapi bunga pinjaman akan sangat merugikan. Jika terdapat kebutuhan mendesak pakailah tabungan darurat atau pinjamlah kepada keluarga, teman, atau kerabat yang Anda percayai. Pinjaman menjadi beban yang berat jika di kemudian hari Anda tidak dapat membayar tepat pada waktunya. Hal ini juga dapat membuat keuangan mengalami pembengkakan sebelum waktunya. 

Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan terjangkau

Cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan mendaftar asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Asuransi dalam rumah tangga berfungsi sebagai perlindungan keuangan dan aset dari beberapa resiko yang merugikan. Pertimbangkan berbagai faktor seperti anggaran dan risiko yang mungkin akan terjadi. Lalu, pilihlah jenis asuransi yang paling penting seperti kesehatan, jiwa, properti, hingga kendaraan. Selanjutnya, bandingkan beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pada rumah tangga. Jangan ragu untuk selalu melakukan riset dan berkonsultasi dengan profesional untuk mendapatkan asuransi yang terbaik.

Mencari sumber pendapatan tambahan

Meskipun sudah mengatur anggaran bulanan dengan baik, terkadang hal itu masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jika hal ini terjadi, langkah paling bijak adalah dengan mencari sumber pendapatan tambahan yang aman. Sumber pendapatan ini dapat dengan membuat bisnis kecil-kecilan dengan menjual atau menyediakan jasa. Selain itu, Anda dapat mencari pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas sesuai dengan minat dan keahlian. Pertimbangkanlah pekerjaan yang tidak memiliki risiko kerugian agar tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Pendapatan tambahan ini merupakan cara mengatur keuangan rumah tangga agar dapat mencapai tujuan lebih cepat.

Tingkatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan

Saat sudah berhasil menerapkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik, Anda tidak boleh berpuas hati. Lakukanlah evaluasi terhadap setiap langkah yang sudah terlaksana. Gunakanlah catatan atau aplikasi keuangan yang mendukung untuk mengelola keuangan. Hal ini membuat Anda akan semakin memahami dan mengerti keuangan rumah tangga Anda. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan agar dapat mengatur keuangan dengan lebih baik. Di samping memenuhi kebutuhan, Anda juga dapat memiliki tabungan agar sesekali dapat memenuhi keinginan.

Leave a Reply