6 Makanan Bulan Ramadhan : Hidangan Selama Puasa yang Wajib Ada

6 Makanan Bulan Ramadhan : Hidangan Selama Puasa yang Wajib Ada

Tidak terasa, Bulan Ramadhan akan segera tiba dalam hitungan beberapa hari lagi. Selama satu bulan penuh, umat Islam akan menahan lapar, haus, serta nafsu untuk memperoleh kemenangan di hari Lebaran. Pada bulan ini, terdapat berbagai macam makanan sebagai hidangan buka puasa. Makanan Bulan Ramadhan ini menjadi buruan menjelang waktu berbuka tiba. Beberapa di antaranya juga dapat dijadikan sebagai  hampers Lebaran unik seperti kurma dan kue-kue kering untuk Anda kirim ke orang tersayang. Pengiriman hampers atau parcel menjadi tradisi Lebaran yang terus ada sampai sekarang. Berikut 6 makanan Bulan Ramadhan yang dapat Anda cari atau buat sendiri di rumah.

Buah Kurma dan Olahan Kurma 

Makanan Bulan Ramadhan yang wajib ada adalah buah kurma. Seluruh umat Islam pasti sudah mengetahui bahwa kurma merupakan buah anjuran Rasulullah untuk membatalkan puasa sebelum menyantap hidangan utama. Rasulullah menganjurkan untuk memakan buah kurma dalam jumlah yang ganjil, biasanya dengan tiga buah kurma. Bukan tanpa alasan, buah kurma ini mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi dan kadar gula darah dengan cepat setelah seharian berpuasa. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat Anda temukan pada produk kue, selai, dan susu. Olahan tersebut dapat Anda temukan atau Anda buat dengan mudah. Konsumsi kurma dalam berbagai olahan menciptakan sensasi yang berbeda dengan khasiat yang tetap sama. Kurma juga dapat menjadi isian hampers untuk mengucapkan selamat Lebaran kepada orang tersayang.

Hidangan berbahan dasar daging

Hidangan berbahan dasar daging menjadi hidangan utama saat berbuka puasa. Beberapa hidangan ini seperti ayam panggang, rendang, gulai, sate, rawon, hingga bakso. Biasanya, orang-orang akan menyantap hidangan berdaging setelah makan kurma atau hidangan pembuka lainnya. Makanan Bulan Ramadhan ini memiliki protein yang tinggi untuk memulihkan energi dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini membuat Anda dapat melaksanakan ibadah lainnya dengan khusyuk. Namun, penting untuk menjadi catatan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan imbangi dengan makanan yang berserat.

Baca Juga: Ide Resep Kue Kastengel Homemade untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Kue-kue kering Lebaran 

Makanan Bulan Ramadhan selanjutnya datang dari kue-kue kering Lebaran. Sama seperti buah kurma, kue-kue kering Lebaran dapat menjadi hidangan pembuka untuk membatalkan puasa. Kue kering yang dapat Anda pilih seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Anda dapat mencari atau  membuat kue-kue kering Lebaran ini dengan mudah. Kandungan gula dan karbohidrat dalam kue dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Cukup dengan mengkonsumsi dua hingga tiga butir kue saja dapat membuat Anda kenyang. Selain itu, kue kering sangat praktis untuk Anda konsumsi bersama dengan minuman seperti teh. Tingginya kadar gula dan kalori dalam kue kering membuat kue ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Kolak

Sebagian besar orang pasti akan setuju bahwa kolak merupakan hidangan andalan untuk berbuka puasa. Anda dapat dengan mudah menemukan penjual kolak di pinggir jalan atau warung di sekitar tempat Anda. Makanan Bulan Ramadhan berupa kolak dapat menjadi hidangan pembuka maupun penutup saat berbuka. Kolak sendiri merupakan hidangan yang menonjolkan rasa santan dan gula merah yang khas. Berbagai jenis kolak yang ada di Indonesia yaitu pisang, labu, ubi, dan biji salak. Selain mengembalikan energi, kolak juga dapat menghidrasi tubuh yang banyak kehilangan cairan saat berpuasa. Selain itu, mengkonsumsi kolak menjadi sebuah kepuasan dan kenikmatan karena rasanya yang manis. Terlebih lagi, jika Anda berbagi hidangan dengan orang lain yang membutuhkan.

Sayuran segar atau hidangan rujak

Kehilangan energi akibat berpuasa seharian penuh, membuat tubuh juga membutuhkan asupan protein dan nutrisi yang berasal dari sayuran. Sayuran segar seperti selada, tomat, mentimun, wortel, dan kembang kol cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Terdapat banyak kandungan baik dalam sayuran segar yaitu serat, nutrisi, vitamin, dan air yang dapat menghidrasi tubuh dengan cepat. Jika Anda tidak mau mengkonsumsinya secara langsung, Anda dapat menjadikan sayuran tersebut menjadi rujak dengan mengkombinasikan dengan buah-buahan agar semakin segar. Rasa asam dan manis yang menyatu di mulut menambah sensasi saat berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi sayuran segar sebagai makanan Bulan Ramadhan, tubuh Anda akan tetap sehat dan segar setelah berpuasa seharian penuh.

Baca Juga: Pola Asuh Anak di Bulan Ramadhan untuk Mengajarkan Berpuasa dan Berbagi

Es Buah dan Es Teler

Makanan Bulan Ramadhan yang terakhir datang dari minuman segar nan mengenyangkan. Apa lagi kalau bukan es buah dan es teler. Dua es tersebut menjadi primadona yang paling dicari saat puasa. Terlebih lagi saat cuaca panas dengan matahari yang menyengat melihatnya saja dapat menggetarkan iman. Mengkonsumsi es buah dan es teler saat berbuka mampu menghilangkan rasa dahaga dan lapar sekaligus. Dengan berbagai macam isian dan aneka buah di dalamnya membuat es ini kaya akan nutrisi. Siapapun yang mengkonsumsi es ini saat berbuka pasti akan merasakan kesenangan dalam dirinya. Penting untuk memperhatikan kandungan gula yang ada di es tersebut agar Anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Leave a Reply