7 Persiapan Pernikahan Bagi Calon Pengantin yang Tidak Boleh Terlewatkan

7 Persiapan Pernikahan Bagi Calon Pengantin yang Tidak Boleh Terlewatkan

Persiapan pernikahan merupakah hal krusial bagi calon pengantin menjelang hari pernikahannya. Ini akan menentukan sukses atau tidaknya acara tersebut. Untuk itu, calon pengantin harus melakukan persiapan pernikahan jauh sebelum hari pernikahan mereka, baik persiapan internal maupun eksternal. Buatlah perencanaan matang yang mencakup seluruh kebutuhan pernikahan mulai dari administrasi, vendor, hingga foto pre-wedding. Pastikan acara pernikahan ini menjadi momen terindah yang terjadi sepanjang kehidupan Anda dan berkesan bagi tamu undangan yang hadir. Jangan sampai Anda melewatkan satu atau beberapa persiapan penting karena hal kecil pun akan sangat berpengaruh. Berikut informasi selengkapnya.

Persiapan Pernikahan Bagi Calon Pengantin

Setiap calon pengantin pasti mengharapkan pernikahan terjadi sekali dalam seumur hidup bersama dengan orang yang mereka cintai. Pernikahan yang sukses tentunya berasal dari persiapan yang matang dengan mempertimbangkan berbagai faktor di dalamnya. Biasanya, calon pengantin membutuhkan waktu selama beberapa bulan hingga tahun untuk melakukan persiapan pernikahan. Waktu yang cukup panjang ini akan menghasilkan hadiah pernikahan paling indah selama hidupnya. Beberapa persiapan pernikahan berikut ini penting untuk dilakukan agar keinginan itu dapat terwujud.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Persiapan paling penting dan tidak boleh terlewatkan adalah menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Kesehatan akan sangat berpengaruh untuk melakukan persiapan, pelaksanaan, hingga proses akhir acara pernikahan tersebut. Kesehatan fisik dan mental yang baik akan menghindarkan Anda dari stres dan tekanan berlebih pada proses persiapan pernikahan. Pastikan Anda menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup. Hal ini akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh dan peningkatan energi sehingga terhindar dari berbagai penyakit. 

Persiapan pernikahan yang padat juga mengharuskan Anda untuk terus melakukan komunikasi dengan pasangan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Anda juga dapat sesekali berlibur bersama pasangan di sela-sela kesibukan persiapan untuk memberikan relaksasi pada tubuh. Langkah ini membuat persiapan pernikahan menjadi lebih menyenangkan

Kelengkapan Administrasi untuk Pendaftaran Pernikahan

Calon pengantin yang akan menikah harus terlebih dahulu mendaftarkan pernikahannya di kantor urusan agama atau kantor catatan sipil terdekat. Tujuannya agar pernikahan tersebut berlangsung secara sah dan mendapat pengakuan resmi dari pemerintah. Kelengkapan administrasi ini bergantung pada daerah tempat berlangsungnya pernikahan. Di Indonesia sendiri beberapa administrasi yang diperlukan adalah KTP, KK, akta kelahiran, surat keterangan belum menikah, pas foto, hingga biaya administrasi. Nantinya, Anda akan mengisi formulir pada sebuah aplikasi yang berisikan informasi pribadi calon pengantin agar izin pernikahan dapat dikeluarkan oleh kantor tersebut. Dengan izin, Anda dapat melangsungkan pernikahan secara sah dan resmi.

Baca Juga: Model Cincin Pernikahan yang Elegan : Cara Menentukan dan Contoh

Menentukan Tanggal dan Tempat Pernikahan

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah menentukan tanggal dan tempat pernikahan yang akan Anda laksanakan. Penentuan ini dapat dengan diskusi bersama kedua keluarga calon pengantin. Pertimbangkanlah tanggal yang memungkinkan kehadiran seluruh tamu undangan. Jangan memilih tanggal di hari-hari sibuk atau krusial karena beberapa tamu undangan akan sulit mendapatkan izin untuk menghadiri pernikahan Anda. Setelah tanggal sudah ditentukan, Anda dapat memilih tempat yang tersedia pada tanggal tersebut dengan menyesuaikan gaya dan tema pernikahan keinginan Anda. Penting untuk menyesuaikan musim agar tidak salah memilih tempat indoor atau outdoor. Kunjungilah beberapa tempat sebagai pilihan dan pertimbangan dalam memilih tempat. Pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas yang menunjang acara pernikahan Anda. Setelah itu tetapkan pada satu pilihan agar dapat dengan segera memesan dan mengamankan tempat tersebut. 

Buat dan Sebar Undangan Tepat Waktu

Untuk membuat acara pernikahan berlangsung meriah, Anda harus mengundang orang lain untuk menjadi tamu pernikahan. Pastikan Anda membuat dan menyebar undangan jauh sebelum hari pernikahan berlangsung. Umumnya, undangan harus sudah dikirim dalam jangka waktu dua minggu hingga satu bulan sebelum hari pernikahan. Persiapan pernikahan ini membuat tamu undangan dapat mengatur jadwal dan memastikan kehadirannya di acara pernikahan. Hal yang harus termuat dalam undangan tersebut adalah waktu, tanggal, lokasi, dan RSVP. Informasi tersebut akan memudahkan calon pengantin untuk datang tepat waktu pada pernikahan Anda.

Pilihlah jenis undangan baik digital maupun kertas dengan gaya, desain, dan tema undangan sesuai keinginan. Jika undangan digital, Anda hanya perlu mengirimkan melalui media sosial ataupun email calon tamu undangan tersebut. Sebaliknya, jika undangan kertas, Anda harus mengeluarkan lebih banyak usaha dengan mengirimkan undangan melalui pos atau mengantarkannya secara langsung. 

Lakukan Foto Pre-Wedding untuk Kenangan

Foto pre-wedding menjadi agenda yang dilakukan untuk menciptakan kenangan indah sebelum berlangsungnya pernikahan. Anda dapat memilih ide dan tema pre-wedding sesuai dengan keinginan bersama pasangan. Jika budget yang Anda miliki tidak banyak, lakukanlah foto pre-wedding dengan sederhana di lokasi yang memiliki arti sentimental saat menjalin hubungan. Tentukan juga pose atau gaya foto yang Anda inginkan agar memudahkan fotografer untuk mengarahkan saat pemotretan. Nikmatilah momen-momen tersebut bersama pasangan untuk menghasilkan foto-foto yang natural dan tidak berlebihan. Pilihlah beberapa foto untuk Anda pamerkan saat hari pernikahan Anda. Ini akan menambah keindahan dekorasi pada acara pernikahan.

Pilih Vendor Pernikahan Sesuai Kebutuhan

Kunci suksesnya pernikahan juga bergantung pada vendor yang Anda pilih. Sebelum memilih vendor, Anda terlebih dahulu menentukan kebutuhan dalam pernikahan seperti dekorasi, katering, fotografer, hingga koordinator acara. Setelah itu, lakukanlah riset yang mendalam pada beberapa vendor untuk mendapatkan pilihan yang paling baik. Pastikan vendor tersebut memiliki reputasi baik dengan banyak ulasan yang memuaskan dari konsumennya. Anda juga dapat meminta referensi dari teman atau keluarga yang memiliki pengalaman dengan jasa vendor tersebut. Sesuaikanlah pilihan vendor dengan budget Anda agar tetap pada anggaran yang sudah direncanakan. Jadwalkan waktu temu dengan vendor secara langsung untuk mendiskusikan keinginan dan persiapan pernikahan secara rinci agar mencapai satu visi yang sama.

Baca Juga: Inspirasi Kue Pernikahan Sederhana Tapi Elegan dan Cantik

Baca Juga: 15 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik dan Bermanfaat

Susun Acara Pernikahan dengan Jelas

Langkah terakhir dalam persiapan pernikahan dalam membuat susunan acara dengan jelas. Anda dapat menyusun acara dengan keluarga dan vendor yang sudah Anda pilih. Susunan acara pernikahan dengan rinci dan jelas akan menciptakan pengalaman yang berkesan bagi calon pengantin dan tamu undangan yang hadir. Tentukanlah urutan acara pernikahan sesuai kebutuhan  mulai dari pembukaan, penyampaian khutbah, akad, hingga resepsi. Jangan lupa untuk membuat estimasi waktu yang dibutuhkan pada setiap rangkaian acara tersebut. Pastikan untuk melakukan koordinasi dengan setiap tim vendor sesuai bagiannya masing-masing. Hal ini akan membantu tim vendor untuk menjalankan acara sesuai rencana tanpa adanya keterlambatan yang berarti. 

Sebelum hari pernikahan berlangsung, Anda juga dapat melakukan gladi resik untuk memastikan kelancaran acara tersebut. Jangan lupa untuk melibatkan keluarga yang menjadi pengiring pengantin agar dapat menempati posisi dengan baik. Untuk sesi hiburan, Anda dapat memberikan setlist lagu yang ingin Anda dengarkan kepada band di hari pernikahan Anda. Dengan menyusun acara pernikahan sesuai keinginan, Anda akan menciptakan pernikahan yang indah untuk dikenang.

Leave a Reply